PROPOSAL
MEMBUKA USAHA KECIL
USAHA MEMBUAT KRIPIK TALAS
A. LATAR BELAKANG
Di zaman era globalisasi ini banyak hal – hal yang instan,
tidak terkecuali makanan . Hal inilah yang cenderung menurunkan kualitas
makanan . banyaknya makanan – makanan instan menyebabkan beberapa makanan
tradisional sering terabaikan dan menurun jumlahnya di pasaran, sehingga
menyebabkan para pembuat makanan tradisional merugi.
Adanya persaingan yang cukup ketat dalam pasar makanan tidak
menyurutkan langkah saya untuk mencoba memproduksi suatu makanan tradisional
yang tidak kalah menarik dengan makanan instan ,dan tentunya mampu bersaing
dalam pasar makanan , “kripik talas” jenis usaha yang akan saya
jalankan ini akan di modifikasi dari bentuk maupun rasa sehingga mampu
menghasilkan makanan yang berkualitas dan menarik. Adapun makanan ini saya beri
nama “KRIPIK TALAS CITRA BANGSA”. Kenapa??? Karna berhubungan saya masih
sekolah di SMK yang benama SMK CITRA BANGSA dan menurut saya namanya cukup itu
unik.
B. VISI USAHA
Memperkenalkan dan mempertahankan kualitas produk makanan
Indonesia “kripik talas” yang mampu menjadi makanan yang berkualitas,
menarik dan diterima oleh kalangan masyarakat sebagai makanan cepat saji atau
cemilan.
C. MISI USAHA
Adapun misi yang saya terapkan adalah :
Memperkenalkan produk pada masyarakat luas
Memberikan kepuasan pada pelanggan
Memanfaatkan bahan baku utama ,talas sehingga menjadi
makanan yang berkualitas
Mencari keuntungan dari modal yang kecil
Selain ingin mendapatkan keuntungan saya ingin mendapatkan
berkah dalam usaha ini. Di balik ”berbisnis juga
beramal”.
D. ANALISA PELUANG USAHA
Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan
talas yang baik sampai kepada packing, kemudian yang akan saya lakukan yaitu
mencari peluang usaha. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui
adalah peluang pasar yang dapat menerima produk saya ini. Peluang usaha sudah
merupakan kunci penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan
dengan lancar apabila sudah mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.
Sistem pemasaran saya akan mampu menganalisa keunggulan dan
kelemahan pesaing saya dan sejauh mana kemampuan saya untuk bersaing dengan
mereka dalam segala aspek, baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas
yang saya berikan kepada para konsumen. Saya akan mensurvei dan meneliti
pesaing - pesaing saya bagaimana caranya membuat keripik pisang ini agar
berbeda dengan keripik talaslainnya yang sudah beredar di pasaran. Bukan hanya
rasanya saja yang berbeda namun saya akan membuat keripik pisang ini berbeda
dari segi packing, dan cara pemasarannya juga, yang pasti akan lebih unik dari
pada yang lainnya, dengan seperti itu para konsumen tidak akan mengalami yang
namanya kejenuhan dalam mengkonsumsi makanan ini.
Saya akan menjual keripik pisang ini di tempat yang cukup
ramai, yang banyak dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka
keripik saya ini akan lebih cepat dikenal banyak lapisan masyarakat.
Apabila kita lihat dari analisa sistem SWOT seperti
hal berikut :
SWOT
a.
Strengths (Kekuatan)
·
Harga keripik talas ini cukup terjangkau
oleh kalangan masyarakat.
·
Kualitas dari keripik talas ini sangat
terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan untuk
kesehatan.
·
Keripik talas ini mempunyai rasa yang
gurih dan enak.
· Rasa yang bervariasi memancing minat pembeli.
· Keripik talas dapat menjadi salah satu
alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat.
·
Weakness (Kelemahan)
· Talas masih dipandang sebelah mata dan tidak
banyak orang yang mengenal sehingga diperlukan promosi- promosi.
·
Minimnya modal untuk tenaga kerja sehingga ,sehingga
bahan yang di produksi kurang banyak.
·
Bahan baku keripik talas yang mudah rusak.
·
Keripik talas akan mudah rusak jika penyimpanan
yang dilakukan sembarangan atau ditumpuk.
b.
Opportunity (Peluang)
·
Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif
sehingga mempermudah saya untuk memasarkan produk.
·
Permintaan pasar yang semakin meningkat.
·
Banyak diminati setiap orang dari mulai
anak-anak, dewasa, maupun orang tua.
c.
Threats (Ancaman)
·
Jumlah kompetitor yang terus meningkat.
·
Munculnya produk baru yang lebih unggul.
·
Kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya
semakin terbatas.
Jenis usaha yang saya jalankan ini termasuk usaha
rumahan,yang mampu bersaing dengan usaha snack modern,karena usaha saya ini
telah saya modifikasi dari tampilan maupun rasa.
Cara pembuatan secara garis besar:
Kupas talas
Iris tipis dengan bentuk menarik
Rendam isisan talas dalam air yang sudah di
campur kapur sirih dan garam
Panaskan minyak yang cukup banyak
Goreng talas hngga kering dan matang
Angkat dan tiriskan
1.Penilaian Terhadap Pasar
Pelanggan
Dalam hal ini konsumen terdiri dari berbagai tingkat
kalangan ekonomi baik dari tingkat bawah, menengah dan atas. Karena makanan
ringan merupakan makanan yang banyak diminati orang dan dalam hal harga dapat
dijangkau semua kalangan.
Jumlah Produk yang di Jual
Dalam jumlah produk yang dijual, saya memprediksi jumlah
produk yang terjual 70 bungkus/hari.
Anak-anak 35%
Remaja 30%
Ibu-ibu 20%
Bapak-bapak 15%
Proyeksi Masa Depan dan Pesaing
Dalam hal proyeksi masa depan dan pesaing ada kekuatan dan
kelemahan bagi saya maupun pesaing.
E. MARKETING MIX (BAURAN
PEMASARAN)
Dilihat dari promosi
makanan yang cepat laku adalah pada tempat ramai seperti pasar,
sekolah, kampus, kantor, itu adalah tempat yang paling strategis untuk
mempromosikan barang dagangan. Berikut ini adalah beberapa cara promosi
makanan yang akan saya lakukan :
Pertama adalah lewat brosur, cara ini cukup efektif untuk
memperkenalkan makanan yang saya jual, biasanya makanan sampai di konsumen
melalui pesan antar atau sering disebut delivery.
Melakukan penjualan langsung, cara ini lumayan efektif
karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan
yang di jual.
Melalui internet cara ini efektif walau tak semua orang
memakai internet tapi cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada
orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti facebook, twetter,
yahoo, google dan lain - lain, tak ada salahnya bila dicoba.
Melalui iklan radio, cara ini cukup lumayan walau tak ada
gambar visual yang dapat terlihat tapi setidaknya pesannya dapat tersampaikan
kepada masyarakat.
F. PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA
JUAL
1. Modal lancar = Rp.500.0000 ,-per hari
Dalam satu bulan memproduksi 20 X jadi modal satu bulan
adalah
Rp.500.000,- X 20 =Rp.10.000.000,-
2. Modal investasi
Peralatan produksi = Rp.1.000.000,-
3. Biaya Produksi
Satu hari produksi
Harga 1 kg talas Rp.4.000,-
Harga 1 kg minyak Rp10.000,-
Bahan baku
|
Harga
|
Talas 70 kg
Minyak
Bumbu
Pembungkus
Promosi
Transport
Gaji karyawan 2 orang
Lain lain
|
Rp.280.000,-
Rp.100.000,-
Rp. 20.000,-
Rp. 10.000,-
Rp. 5.000,-(hanya bulan pertama)
Rp. 10.000,-
Rp.50.000,-
Rp.25.000,-
|
Jumlah
|
Rp.500.000,-
|
4.Penetapan harga
Modal lancar x 150%
Rp.500.000,- x 150% = Rp.750.000,-
Kripik
|
jumlah bungkus
|
harga/bungkus
|
total
|
Balado
|
25
|
Rp.11.000,-
|
Rp.275.000,-
|
Pedas
|
25
|
Rp.11.000,-
|
Rp.275.000,-
|
Original
|
20
|
Rp.10.000,-
|
Rp.200.000,-
|
Jumlah
|
Rp.750.000,-
|
G. PEHITUNGAN RUGI/LABA
Modal lancar x 150%
Rp.500.000,- x 150% = Rp.750.000,-
Penjualan /bulan = 20 X Rp.750.000,- =
Rp.15.000.000,-
Modal lancar = 20X Rp.500.000,- =
Rp.10.000.000,- (-)
Rp. 5.000.000,-
Modal
investasi = Rp. 1.000.000,- (-)
Laba bersih = Rp. 4.000.000,-
H. ANALISA KEUNTUNGAN
Untuk menganalisa keuntunagan baik buruknya suatu perusahaan
atau maju mundurnya perusahaan yang kita jalani akan terlihat, namun saya
menganalisis saya harus optimis kemungkinan besar keuntungan yang saya dapatkan
dapat di lihat sebagai berikut :
Laba /bulan
Laba /tahun
Laba /5 tahun
|
= Rp. 4.000.000,-
= Rp. 48.000.000,-
= Rp 2.480.000.000,-
|
I. KESIMPULAN
Dari beberapa uraian sebelumnya kini penulis dapat
menyimpulkan. Tujuan yang paling utamanya adalah di balik Berbisnis juga
beramal.
Analisa peluang usaha, perhitungan modal dan penetapan harga
jual, perhitungan rugi/laba dan terakhir analisa keuntungan sangatlah penting
dan berpengaruh terhadap baik buruknya suatu bisnis atau naik turunnya
perusahaan yang kita jalani ini akan trlihat.
Demikianlah yang saya dapat sampaikan semoga dapat
bermanfaat untuk kedepannya.
Amiiin,,,
Daftar Pustaka :
http://ilyascikalm.blogspot.co.id/2013/03/usaha-membuat-kripik-talas.html diakses Sabtu, 21 Januari 2016 pukul 17.45 WIB
No comments:
Post a Comment